WinRAR


Winrar adalah sebuah perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk meringkas serta memadatkan satu file atau lebih menjadi dalam satu paket. Yang dimaksud dengan memadatkan adalah dikompress, artinya memperkecil ukuran file. Winrar sangat mirip dengan winzip.
Winrar juga dapat digunakan untuk mengaextract atau memecah file dengan berbagai extensi. Beberapa extensi yang bisa di extrak menggunakan winrar adalah ZIP, 7Z, RAR, ACE, CAB, GZ, ISO, JAR, TAR Z dan masih banyak lagi.
Fungsi winrar selengkapnya sebagai berikut:
  1. Memadatkan file. Jika anda memiliki banyuak file yang akan di upload atau dikirim melalui email, maka anda harus melakukannya satu persatu. Dengan winrar, anda bisa meringkas banyak file menjadi dalam satu paket untuk memudahkan sharing.
  2. Compress file. Winrar juga bisa berfungsi untuk mengompress atau memperkecil ukuran file. Ketika merubah menjadi winrar, ukuran akan otomatis berubah menjadi kecil.
  3. Keamanan file. Winrar memiliki fitur untuk membuat password. Jadi, ketika membuka file dalam bentuk winrar tersebut, kita harus memasukkan password yang benar untuk membuka file tersebut. Jadi file tersebut hanya bisa dibuka oleh orang yang mengetahui passwordnya.
  4. Memecah (extract) file. Jika winrar bisa untuk mengompress file, maka winrar juga dapat digunakan untuk memecah atau mengextract file winrar tersebut.
  5. Memecah file winrar. Jika kita memiliki file berukuran besar, dapat di pecah menjadi beberapa bagian yang sama besar. Misalnya, jika kita memiliki file dalam bentuk winrar dengan ukuran 6 giga, dengan winrar bisa dipecah menjadi 2 barian dengan ukuran masing-masing 3 giga.
  6. Proteksi dari virus. Winrar juga dapat mengamankan file dari ancaman virus yang mungkin bisa merusak data anda.